27
Jun
09

Pendidikan Hidup

Segala sesuatu berasal dari hal-hal yang kecil. Ketika hal-hal kecil dilakukan, maka hal-hal besarpun menjadi mungkin untuk dilakukan. Karena itulah latihan, kebiasaan, dan pendidikan diperlukan.

Orang besar tidak tercipta dengan sendirinya. Mereka telah berlatih sepanjang hidupnya dengan membiasakan diri sebagai orang besar. Orang baikpun begitu. Mereka berlatih selama hidupnya dengan melakukan hal-hal yang baik.

Ketika dalam hal kecilpun orang sudah berbuat tidak benar, bagaimana bisa diharapkan dapat melakukan hal yang besar dengan benar? Ketika dalam hal-hal kecil semacam menepati janji, membuang sampah pada tempatnya ternyata belum dilakukan, bagaimana diharapkan orang tersebut dapat memegang amanah jabatan dan tidak korup? Ketika terbiasa menuruti hawa nafsu, bagaimana diharapkan kelak bisa tahan terhadap godaan-godaan hidup? Ketika di sekolah saja mencontek, bagaimana bisa diharapkan menjadi orang yang jujur dan pekerja keras?

Perbuatan besar dimulai dari hal-hal yang kecil. Untuk menjadi orang yang baik, berarti membiasakan diri berbuat baik dalam hal-hal yang terkecil sekalipun. Hal-hal kecil akan menjadi kebiasaan, menjadi karakter yang membuat manusia dapat terus konsisten dalam kebaikan tersebut, serta tidak mudah terpengaruh terhadap godaan-godaan hidup.

27/06/08


0 Responses to “Pendidikan Hidup”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: